Everest Marathon: Balapan di Gunung Tertinggi Dunia

Tenzing – Hillary Everest Marathon (THEM), juga dikenal sebagai Everest Marathon, dimulai untuk menghormati Tenzing Norgay dan Edmund Hillary – orang pertama yang berdiri di puncak dunia, di puncak Mt. Everest (8,848m) pada 29 Mei 1953.

Gagasan maraton di pangkalan Everest adalah gagasan Jan Turner yang muncul pada tahun 1985 dalam ekspedisi ke Kamp Pangkalan Everest. Everest Marathon mungkin memiliki awal yang sederhana, tetapi hari ini dikenal di seluruh dunia, dengan pelari jejak antusias dari seluruh penjuru dunia, berbondong-bondong ke Nepal untuk menjadi bagian dari acara ini.

Bangsa Himalaya menjadi tuan rumah Everest Marathon pada tanggal 29 Mei setiap tahun, berlanjut dengan sukses sejak tahun 2003. Ratusan peserta dari lebih dari 20 negara datang untuk mengikuti maraton setiap tahun.

MEREKA juga merupakan maraton tertinggi di dunia, yang membawa pelari ke ketinggian setinggi 5.300 m di atas permukaan laut. Ketinggian tertinggi adalah 5.545 m di atas Kala Patthar, dengan pemandangan 360 derajat yang menakjubkan dari Himalaya – Lhotse, Nuptse, Pumori termasuk yang tertinggi di dunia – Mt. Everest.

Maraton ini hanya untuk pelari yang terlatih dan berpengalaman yang menjalankan jalur lintas negara dan rute yang lebih panjang. Tapi itu tidak berarti Anda tidak bisa datang untuk menyaksikan acara spektakuler ini dan menghibur para pelari.

MENDAPATKAN GARIS MULAI

Untuk mencapai titik awal dari Everest Marathon, peserta pertama-tama harus melakukan perjalanan jauh ke Everest Base Camp, yang berarti Anda akan memiliki kesempatan untuk mengalami trekking di Nepal juga – perjalanan 14 hari tepatnya.

Perjalanan ini melewati Taman Nasional Sagarmatha dengan lanskap dan satwa liar yang unik. Waspadai beberapa orang! Sekarang inilah yang saya sebut – membunuh dua burung dengan satu batu.

Oleh karena itu, peserta maraton harus berada di Nepal tiga minggu sebelum perlombaan dimulai , untuk membersihkan semua formalitas, untuk mempersiapkan medan kasar negara Himalaya ini, dan jelas untuk menempuh perjalanan hingga ke titik awal!

Pelari dapat memilih untuk berkemah atau menginap di pondok saat dalam perjalanan ke Everest Base Camp, atau mereka dapat mencampurnya seperti di base camp karena tidak ada pondok di sana.

Di perjalanan, pelari dapat mengunjungi biara-biara seperti Biara Pangboche, gompa abad ke-17, dan juga yang tertua di Khumbu, bersama dengan Biara Tengboche yang merupakan gompa terbesar di wilayah tersebut. Menjelajahi situs-situs unik ini yang merupakan cerminan dari Buddhisme Tibet, dengan arsitektur dan artefaknya yang menakjubkan dipajang menambah pengalaman keseluruhan dari petualangan yang sudah luar biasa.

Sebelum dan / atau setelah perjalanan ke Everest Base Camp, peserta juga memiliki kesempatan untuk menyerap budaya, tradisi, arsitektur, seni dan kerajinan Nepal. Peserta Everest Marathon diajak mengunjungi situs-situs warisan dunia di lembah menuju tempat-tempat mistis seperti Kuil Pashipatinath, Swayambhunath dan Boudhanath bersama dengan Patan Durbar Square, Bhaktapur Durbar Square, dan Kathmandu Durbar Square, semuanya di ibu kota yang kompak, Kathmandu itu sendiri .

Running Down Everest Base Camp

Bukan berarti pemandangan lembah Kathmandu dari penerbangan itu tidak luar biasa, tetapi pemandangan dari penerbangan ke Lukla dengan Himalaya yang hebat tentu akan sama spektakulernya, jika tidak lebih.

Bagi orang yang lemah hati, pendaratan di Bandara Tenzing – Hillary alias Bandara Lukla akan menjadi petualangan yang sama seperti perjalanan ke Everest Base Camp itu sendiri. Bagian dari perjalanan ini akan memompa adrenalin Anda dalam waktu singkat.

Maraton dimulai dari Kamp Pangkalan Everest dan berakhir di Namche Bazaar yang menempuh jarak 42 KM. Ini berarti Anda harus berlari jauh dari dasar Everest! Jalan setapak menurun untuk sebagian besar maraton, tetapi ada beberapa jalur menanjak juga, khususnya dua yang curam. Jalur untuk maraton adalah jalur pendakian itu sendiri.

Everest Marathon dilakukan di tempat yang sangat tinggi sehingga perlu ada perhatian ekstra yang diberikan pada kesehatan para peserta. Untuk ini, ada stasiun air, tempat pemberhentian dan pos pemeriksaan kesehatan yang terpasang dalam jarak yang bervariasi di jalur maraton.

Bahkan ada fasilitas evakuasi darurat untuk mereka yang tidak dapat lagi berpartisipasi dalam maraton karena masalah kesehatan atau cedera. Banyak pemikiran juga diberikan kepada keamanan pada perlombaan dan sejumlah marsekal akan terlihat bertugas bersama dengan pemandu maraton untuk membantu pelari jika diperlukan.

Selain itu, gelang elektronik disediakan untuk semua pelari untuk melacak mereka di jalur. Sebelum dimulainya maraton, semua peserta diperiksa oleh tim medis profesional untuk melihat apakah mereka cocok untuk ikut serta dalam lomba setelah perjalanan. Es dan salju di jalan setapak menambah tingkat kesulitannya selain ketinggian yang jelas.

Selain ekspedisi yang ingin mendaki gunung tertinggi di dunia, grup trekking lainnya tidak diperbolehkan menginap di situs Everest Base Camp. Jadi, menghabiskan malam di dasar Air Terjun Khumbu hanyalah salah satu hal unik, peserta Marathon Everest dapat menikmati.

Ada banyak rekor dunia yang menakjubkan yang dibuat pada Tenzing – Hillary Everest Marathon, yang terkemuka adalah maraton tertinggi dalam Guinness Book of World Records , itu sendiri. Lain diatur oleh Deepak Rai, pelari Nepal pada tahun 2006 M untuk waktu singkat – 3 jam, 28 menit dan 27 detik. Dan untuk pelari asing, rekor waktu tercepat adalah 4 jam 50 menit dan 10 detik oleh Antoine Bonfils of France. Demikian pula, Timothy Watson membuat rekor waktu terpendek di antara sesama rekan senegaranya dari Inggris, dengan 5 jam 45 menit pada tahun 2014.

Untuk partisipasi Tenzing – Hillary Everest Marathon, pelari harus mendaftar untuk acara luar biasa di sini.

Selain itu, Tenzing – Hillary Everest Marathon, ada acara lain yang dikenal sebagai Everest Ultra Marathon yang dimulai dari 2010. Everest Ultra Marathon melibatkan jarak 65 km mulai dari Gorak Shep dan berakhir di Lukla.

Yang ini pasti untuk pelari hardcore!

Tenzing – Hillary Everest Marathon & Everest Ultra Marathon Facts –

Maraton Tertinggi di Dunia!

Diadakan pada tanggal 29 Mei setiap tahun

Ketinggian Tertinggi: 5545m Kala Patthar

Hari: 1 Hari

Tenzing Hillary Everest Marathon

Mulai Baris: Kamp Pangkalan Everest

Garis Finish: Namche Bazaar

Maraton Jarak: 42km

Everest Ultra Marathon

Mulai Baris: Gorak Shep

Garis Finish: Lukla

Maraton Jarak: 65km

Meskipun Tenzing – Hillary Everest Marathon dan Everest Ultra Marathon mungkin tidak cocok untuk semua orang, penggemar olahraga ekstrim dan trekker sama-sama masih bisa melakukan perjalanan petualangan dan menciptakan kenangan yang tak terlupakan bersama di Himalaya yang tinggi.

Para trekker bisa dibawa pulang bukan hanya pemandangan menakjubkan dari gunung-gunung putih yang luar biasa, tetapi juga pengalaman budaya Sherpa yang otentik bersama mereka.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *